Aplikasi Komputer atau Aplikasi Software :
a. Adalah Program komputer yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman dan dipergunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu.
b. Melakukan pekerjaan-pekerjaan sesuai kebutuhan user.
Exp.
a. Program-program dalam dunia perbankan yang digunakan untuk menyediakan informasi rekening bulanan para nasabah.
b. Program dalam perusahaan penerbangan yang memberikan informasi pemesanan dan jadwal penerbangan.
c. Merupakan salah satu tipe dari software komputer.
JENIS-JENIS APLIKASI KOMPUTER
APLIKASI JARINGAN
Jaringan Komputer atau jaringan adalah koordinasi komunikasi dalam suatu system tertentu diantara central/pusat (server) dan beberapa anggotanya (client).
Topologi jaringan adalah pola hubungan antara terminal dalam jaringan komputer.
��Star
Keuntungan :
a) Keterandalan terbesar diantara topologi yang lain
b) Mudah dikembangkan dan keamanan data tinggi
c) Kemudahan akses ke jaringan LAN lain.
Kerugian :
a. Lalu lintas padat dapat menyebabkan jaringan lambat
b. Jaringan tergantung pada terminal pusat.
RING
Keuntungan :
a) Laju data tinggi.
b) Dapat melayani lalu lintas data yang padat
c) Tidak diperlukan host, relatif lebih murah
d) Dapat melayani berbagai media pengirim.
e) Komunikasi antar terminal mudah.
Kerugian :
a. Tidak kondusif untuk pengiriman suara, video, dan data
b. Kerusakan pada media pengirim dapat menghentikan kerja seluruh
jaringan.
c. Penambahan atau pengurangan terminal sangat sukar.
Bus (multipoint)
Keuntungan :
a) Kemampuan pengembangan tinggi (open-endedness)
b) Jarak LAN tidak terbatas
c) Keterandalan jaringan dan kecepatan pengiriman tinggi.
d) Tidak diperlukan pengendali pusat.
e) Jumlah terminal dapat ditambah atau dikurangi tanpa menggangu operasi yang telah berjalan.
Kerugian :
a) Jika tingkat lalu lintas terlalu tinggi dapat terjadi kongesti (kemacetan)
b) Diperlukan repeater untuk menguatkan sinyal.
c) Operasional jaringan LAN tergantung pada setiap terminal.
Hierarki
Pada topologi hierarki, tidak semua terminal mempunyai kedudukan yang sama. Terminal dengan kedudukan lebih tinggi menguasai terminal di bawahnya dan dengan demikian jaringan tergantung pada terminal dengan kedudukan paling tinggi.
APLIKASI GRAFIK
��Aplikasi komputer grafik awal perkembangannya dimulai pada akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an. Merupakan suatu program komputer yang digunakan dengan menarik sebuah gambar yang memberikan dimensi baru pada bidang komputer saat itu.
��2 cara nyata yang dapat memasukkan informasi grafik ke dalam komputer menjadi suatu aplikasi, yaitu :
1. Direct Programming Graphics, dengan menuliskannya ke dalam bahasa pemrograman.
2. Digitizing (or Graphics) Tablets, dengan menggunakan mouse.
ANIMASI
Merupakan bentuk seni yang tampak secara spontan menimbulkan gerakan kehidupan pada suatu obyek. Untuk mencapai efek tersebut, animator harus membangun rangkaian frame/gambar dari sebuah subyek, yang setiap frame berikutnya sedikit berbeda dari frame sebelumnya.
Sebenarnya terdapat beberapa fungsi yang berbeda untuk menghasilkan animasi berbasis komputer dan satu daripadanya ialah animasi tiga dimensi (3D).